Friday, December 3, 2010

Pengantar: Apa sih home care itu?

Bila seseorang menghadapi sakit yang harus dirawat di rumah sakit, kemudian karena alasan tertentu ia tidak bisa dirawat di rumah sakit, ada alternatif lain, yaitu bisa dirawat cukup di rumah saja. Tentu saja sakit pada kondisi kondisi tertentu saja. 


Pasien bisa mendapatkan serangkaian perawatan oleh Tim perawat yang berkualitas dan bisa mendapatkan kunjungan Dokter Keluarga yang profesional. Pasien juga  bisa meminta pelayanan fisioterapi oleh Fisioterapis. Bahkan bisa mendatangkan ahli  gizi untuk konsultasi gizi di rumah. Tim home care mitra sehati siap memberikan pelayanan sesuai yang dibutuhkan. Mereka datang sesuai pesanan.

Beberapa kondisi bisa menjadi contoh, mengapa seorang pasien bisa memilih perawatan di rumah dengan menggunakan layanan home care. Beberapa penyakit tersebut antara lain:

  1. Luka pada kaki atau tubuh, yang memerlukan perawatan lama atau perawatan lanjutan dari rumah sakit, dimana pasien sudah tidak memerlukan perawatan rumah sakit lagi.
  2. Pasien pasca stroke, yang sudah boleh pulang dari rumah sakit, tetapi keluarga belum bisa merawat sendiri di rumah.
  3. Pasien sakit karena usia lanjut, sulit makan atau kondisi-kondisi tertentu yang memerlukan perawatan cukup di rumah.
  4. Pasien yang mau dirawat di tengah-tengah keluarganya dan ingin mendapat perhatian khusus keluarga. Sementara keluarga sibuk, tidak memungkinkan menunggui di rumah sakit.
  5. Pasien kasus-kasus tertentu yang seharusnya dirawat, tetapi biaya tidak memadai
  6. Pasien habis melahirkan, karena kondisi masih sangat lemah, tidak sanggup mengurus bayinya dan kondisi sekitar nifasnya.
  7. Pasien lepas operasi, masih terlalu lemah untuk kontrol ke rumah sakit, untuk mengurus luka operasinya.
Masih banyak lagi kasus-kasus penyakit atau kondisi pasien sakit yang bisa dilakukan perawatan dirumah. Perawatan dengan home care mitra sehati memang praktis, lebih murah dan tetap berada di dekat keluarga hingga kebutuhan psikologis, misalnya, ketentraman pasien lebih terpenuhi dan pasien menjadi lebih bahagia. 


Home care mitra sehati dilaksanakan oleh tim medis yang lengkap, mudah bagi keluarga, dan nyaman karena di tempat tinggal sendiri, dan keluarga tidak perlu banyak berkorban dalam meninggalkan pekerjaan sehari-hari, karena harus menunggu keluarga yang dicintainya sedang dirawat di rumah sakit. Sehingga satu persoalan keluarga bisa teratasi dengan baik, dan pasien menjadi lebih bahagia.

No comments:

Post a Comment